Selasa, 08 Januari 2013

Pantai Kupang, NTT

Pantai Batu? anda pasti jarang sekali menemuinya. Ini dia salah satu pantai batu yang ada di indonesia, namanya pantai kolbano, di NTT. Letaknya di Desa Kolbano masuk dalam wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan luas desa 17 kilometer persegi. Pantai ini tidak seperti pantai yang lainnya, tidak dihiasi pasir putih tetapi justru membuat patai ini unik adalah hamparan bebatuan warna warni di sepanjang pantai. Batuan di pantai ini berukuran sedang dan memiliki warna yang beraneka ragam, seperti hitam, kuning, hijau, merah dan ada yang memiliki warna unik, percampuran dari tiga warna ( merah, krem dan hijau ).
Pantai Kolbano dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari kupang, transportasi ke pantai ini hanya ada 1 kali dalam 1 hari. Jadi anda harus menyusun rencana perjalanan terlebih dahulu untuk ke pantai ini. Biasanya mulai pukul 06.00 wita.  Jadi, jika Anda tiba di Kupang pada siang atau sore hari, dapat dipastikan Anda harus menginap terlebih dahulu selama satu malam di Kota Kupang dan menghabiskan waktu untuk jalan-jalan di tempat lain sambil menunggu transportasi keesokan harinya menuju Pantai Kolbano.
Sebaiknya anda menginap terlebih dahulu di kupang kemudian melanjutkan perjalanan keesokan harinya menggunakan travel atau angkutan darat yang menuju kolbano., anda dapat menggunakan jasa travel atau bus kota jurusan Kolbano dengan membayar ongkos seharga Rp.60.000,-.


Pantai Tablolong Adalah Sebuah Obyek Wisata Yang Terdapat Di Kupang, NTT (Nusa Tenggara Timur). Lokasi Pantai Tablolong Berada Dalam Jarak Tempuh Sekitar 25 Km Dari Arah Kota Kupang. Bagi Kebanyakan Warga Kota Kupang, Lokasi Pantai Tablolong Ini Lebih Dikenal Sebagai Areal Untuk Memancing. Letak Pantai Tablolong Secara Gamblang Dapat Dikatakan Berada Di Ujung Pulau Timor. Posisi Pantai Tablolong Yang Berhadapan Langsung Dengan Pulau Semau Menjadi Lebih Menguntungkan Bagi Ikan Di Perairan Yang Dalam Untuk Berlindung Di Pulau Semau Ini Jika Datangnya Musim Barat. Hal Ini Lah Yang Membuat Wilayah Pantai Tablolong Ini Kaya Akan Ikan Yang Menjadikannya Sebagai Tempat Melakukan Perlombaan Memancing.
 Areal Wisata Di Pantai Tablolong Ini Juga Sering Dijadikan Alternatif Tempat Wisata Yang Lain Di Kupang Seperti Air Terjun Oenesu Dan Pantai Lasiana. Sayang, Jika Akses Ke Pantai Tablolong Ini Tidak Mendapatkan Perhatian Yang Maksimal. Sarana Yang Digunakan Bagi Pengunjung Yang Hendak Menghabiskan Harinya Di Kawasan Pantai Tablolong Ini Terbanyak Menggunakan Kendaraan Pribadi, Kendaraan Sewaan (Rent Car). Transportasi Umum Yang Mengakses Wilayah Pantai Tablolong Ini Masih Amat Minim. Pengembangan Obyek Wisata Pantai Tablolong Ini Tentulah Layak Mendapat Perhatian Pemerintah, Baik Pemerintah Kabupaten Kupang, Maupun Pemerintah Propinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Prasarana Penunjang Lainnya, Seperti Fasilitas Umum Yang Selayaknya Dijumpai Didalam Kawasan Wisata, Juga Belum Sepenuhnya Mendapakan Prioritas Dalam Pengembangan Pantai Tablolong Menjadi Obyek Wisata yang Dikemas Secara Profesional.
Sebuah Papan Bertuliskan "Pusat Olahraga Memancing Tablolong", Serta Merta Akan Anda Temui Disana Ketika Mencapai Garis Pantai Tablolong. Event Wisata Yang Sering Di Gelar Oleh Pemerintah Propinsi NTT (Nusa Tenggara Timur) Di Kawasan Wisata pantai Tablolong Ini Adalah Turnamen Memancing Yang Berkelas Internasional. Turnamen Ini Telah Beberapa Kali Dilaksanakan, Dengan Tujuan Mempromosikan Obyek Wisata Yang Ada Di NTT (Nusa Tenggara Timur), Terutama Di Kabupaten Kupang, Terlebih Lagi Kawasan Pantai Tablolong Itu Sendiri. Jenis Ikan yang Banyak Dijumpai Diperiran Dalam Kawasan Pantai Tablolong Ini Adalah Ikan Marlin, Ikan Layaran, Ikan Tenggiri, Ikan Wahui, Ikan Kuwe, Ikan Barakuda, Ikan Lemadang, Dan Ikan Tuna.
Salah Satu Tumbuhan Yang Dahulu Amat Mudah Kita Jumpai Di Garis Pantai Tablolong Ini Adalah Pohon Santigi. Sayang, Karena Sekarang Hampir Tidak Ada lagi Yang Bisa Kita Jumpai. Pohon Santigi Yang Ada Telah Habis Dibawa Keluar Daerah Oleh Para Penjarah, Yang mengetahui Nominal Rupiah Yang Di Bundel Untuk Pohon Santigi Ini. Selain Sebagai Kawasan Pemancingan, Terumbu Karang yang Ada Di Kawasan Pantai Tablolong Ini Juga Memiliki Banyak Keunikan, Baik Dalam Ragam Maupun Bentuknya. Hal Yang Juga Dalam Waktu-Waktu Kedepannya Dapat Dijadikan Perhatian Pengembangan Olahraga Menyelam Di Seputar Pantai Tablolong.


P

1 komentar: